Skip to content

Daftar legenda sepak bola dunia

5-ronaldo-luis
Oliver Kahn
Salah satu pemain sepak bola Jerman paling terkenal, Oliver Kahn adalah seorang penjaga gawang yang mewakilkan negaranya dari tahun 1994 sampai 2006. Banyak orang percaya jika Jerman berhasil mencapai final Piala Dunia 2002 bukan karena timnya hebat, tetapi karena kemampuan luar biasa dari Oliver Kahn yang berhasil menjaga harapan Jerman dalam turnamen tersebut. Dia menerima penghargaan ‘Bola Emas’ setelah terpilih sebagai pemain terbaik dalam turnamen itu. Kahn juga sempat membela klub seperti Karlsruher SC II, Karlsruher SC, dan menghabiskan masa bermainnya di Bayern Munich.
Zinedine Zidane
Zinedine Zidane bermain sebagai gelandang serang untuk Perancis, dan merupakan bagian dari skuad yang memenangkan Piala Dunia 1998 dan Euro 2000. Di Piala Dunia 2006, dia terpilih sebagai pemain terbaik turnamen, dan meraih gelar ‘Bola Emas’. Tetapi di turnamen yang sama tersebut, di ajang final, dia terlibat dalam insiden kontroversial, di mana dia menyeruduk pemain belakang Italia Marco Materazzi. Dia membela Perancis dari tahun 1994 sampai 2006, dan dalam 108 penampilannya, dia mencetak 31 gol dan merupakan kreator dari gol-gol lainnya. Di tingkat klub, dia sempat membela Cannes, Bordeaux, Juventus dan Real Madrid. Untuk klub-klub tersebut, dia berhasil mencetak 95 gol secara keseluruhan.
Ronaldo
Tidak diragukan lagi jika Ronaldo adalah salah satu pemain terhebat dari Brasil, sama halnya dengan Pele. Dia juga dikenal dengan istilah Phenomenon atau Sang Fenomena, karena kecepatan, dribble dan semangatnya untuk mencetak gol lagi dan lagi. Nama lengkapnya adalah Ronaldo Luis Nazario de Lima. Lahir di kawasan kumuh Rio de Janeiro, Brasil, dia sangat dipengaruhi oleh legenda sepak bola favoritnya, Zico. Ronaldo membela Brasil di ajang PIala Dunia 1998, di mana Brasil kalah dari Perancis dalam pertandingan final. Akan tetapi, di tahun 2002, sebagai salah satu skuad Brasil di Piala Dunia, Ronaldo mencetak delapan gol dalam hanya tujuh pertandingan. Pencetak gol terbanyak dari turnamen itu, Ronaldo juga membantu tim Brasil untuk memenangkan gelar Piala Dunia FIFA kelima mereka.

Comments are closed.