Skip to content

Pertandingan Piala Dunia bersejarah

5-portugal

Portugal – Korea Utara 5-3

Tanggal: 23 Juli 1966 – Perempat final

Tempat: Goodison Park, Liverpool

Dengan lolosnya mereka ke ajang Piala Dunia 1966 di Inggris saja Korea Utara berhasil menggemparkan seluruh publik sepak bola. Mereka terus-terusan jadi tim underdog, ketika memberikan cerita underdog klasik, mereka mengejutkan tim Italia yang gagah perkasa di babak 16 besar untuk memastikan langkah mereka bertemu dengan legenda Portugal Eusebio yang jadi kapten tim nasional saat itu.

Korea DPR melepaskan seluruh ketegangan mereka dan memperpanjang sejarah mereka, dengan berhasil unggul tiga gol setelah pertandingan berjalan kurang dari setengah jam. Pak Seung-Zin memberikan tim keci ldari Asia ini sebuah awal yang diimpikan dengan mencetak gol di menit pertama. Li Dong-Woon dan Yang Seung-Kook lebih jauh lagi meningkatkan keunggulan mereka di menit 22 dan juga menit 25 masing-masing pemain.

Akan tetapi, dalam diri Eusebio, tim Korea ini harus menelan pil pahit yang tidak bisa mereka kunyah. Striker legendaris ini menyisihkan ketertinggalan Portugal di menit 27, sebelum menambahkan gol lainnya lewat penalti dua menit sebelum turun minum. Dia bahkan kemudian menambahkan dua gol lagi di menit 56 dan juga menit 59 untuk menjauhkan Portugal dari potensi penghinaan yang bisa didabat dari kekalahan atas Korea ini, dan akhirnya mereka berhasil memimpin pertama kalinya dalam pertandingan ini. Tim nasional Korea yang dipenuhi dengan kejutan akhirnya tidak bisa lagi bertahan        setelah penampilan satu pemain yang luar biasa ini, dan bahkan mereka kebobolan gol kelima lewat usaha dari Jose Augusto di menit ke 80. Cerita dongeng itu akhirnya tidak bertahan lama bagi Korea Utara, tetapi pada intinya mereka telah berhasil memberikan salah satu pertandingan terbesar dan juga penampilan one-man di ajang Piala Dunia yang pernah ditampilkan selama proses luar biasa tersebut.

Portugal sendiri kalah di semi final tersebut, dan Piala Dunia 1966 yang pertama kali diadakan di Inggris ini akhirnya bisa dimenangkan oleh tuan rumah Inggris sendiri.

Comments are closed.